Site icon Beritaenam.com

Hati-hati Girls, 6 Kebiasaan Ini Bikin Rambutmu Mudah Rontok!

Bikin Rambutmu Mudah Rontok

Sumber: pinterest.com

BeritaEnam.com – Punya rambut yang tebal dan terurai indah memang bikin penampilan makin memukau. Gak heran deh, jika sebagian besar wanita menginginkan rambut yang tebal dan terurai indah. Namun sayangnya, berbagai masalah rambut seperti rambut rontok kerap kali menghalangi wanita untuk punya rambut idamannya. Rambut yang rontok bisa dikarenakan oleh sejumlah faktor, ada yang diakibatkan oleh faktor genetik sampai kebiasaan yang sering dilakukan.

Nah untuk itu, kalau kamu merasa rambutmu mudah rontok, mungkin ada kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari bikin rambut rontok. Berikut sejumlah kebiasaan yang membuat rambut mudah rontok yang perlu kamu hindari dari sekarang jika ingin punya rambut tebal!

1. Sering Pakai Alat Penata Rambut

Sumber: pinterest.com

Kalau kamu memakai catokan, pengeriting rambut dan hair dryer terlalu sering, maka wajar-wajar saja jika rambutmu mudah rontok. Pasalnya, panas yang dihasilkan dari alat penata rambut tersebut bisa merusak protein di rambut sehingga bikin kutikula rambut jadi tak terlindungi. Pada akhirnya, kerusakan kutikula ini bakal mengurangi kelembaban rambut dan kulit kepala, yang nantinya bikin rambut lebih mudah mengalami kerontokan.

So, kurangilah penggunaan alat penata rambut dari sekarang. Cukup pakai 2-3 kali seminggu dan pastikan diatur dengan suhu yang lebih rendah. Selain itu, aplikasikan pula vitamin rambut buat melindungi rambut dari kekeringan karena suhu panas.

2. Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Sumber: pinterest.com

Rambut yang dikuncir terlalu kuat bakal memberikan tekanan berlebih di folikel rambut yang gak baik buat kesehatan rambut. Folikel rambut dengan tekanan berlebih juga bisa mengakibatkan kerusakan secara permanen dan bikin rambut gak tumbuh lagi. Mengikat rambut saat masih basah juga tidak dianjurkan, sebab dapat memicu jamur tumbuh yang bisa bikin kulit kepala jadi infeksi.

3. Pola Makan yang Gak Teratur

Sumber: pinterest.com

Yup, pola makan yang gak teratur juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut gampang rontok. Jika pola makan kamu gak teratur, tubuh pun akan kekurangan nutrisi termasuk pada rambut. Perlu diketahui lho, bahwa rambut juga memerlukan nutrisi dari asupan makanan yang kita konsumsi, semacam zat besi, vitamin D, zinc, dan vitamin A.

Baca juga : 5 Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan

4. Menyisir Rambut Dalam Keadaan Masih Basah

Sumber: pinterest.com

Hindarilah kebiasaan menyisir rambut ketika kondisi rambut masih dalam keadaan basah. Kebiasaan ini bisa bikin rambut mudah rontok dan rapuh. Sebaiknya kamu juga mengeringkan rambut dengan cara alami saja karena jauh lebih sehat ketimbang menggunakan hairdryer.

5. Mandi Pakai Air Hangat

Sumber: pinterest.com

Setelah beraktivitas seharian, tubuh perlu dibersihkan dengan mandi. Dengan adanya exhaust fan di kamar mandi, kamu bakal lebih nyaman saat mandi sebab alat tersebut dapat menyedot bebauan tak sedap dan menyegarkan ruangan. Bagi kamu yang suka mandi pakai air hangat, sebaiknya kurangilah kebiasaan ini. Karena mandi pakai air hangat bisa mengakibatkan rambut rapuh dan kering. Akhirnya, hal ini jadi penyebab masalah rambut rontok.

6. Terlalu Sering atau Jarang Keramasan

Sumber: pinterest.com

 Rambut yang jarang dibersihkan bisa bikin jamur tumbuh subur pada kulit kepala yang akhirnya bikin rambut lebih rentan rontok. Jamur yang menumpuk di kulit kepala juga bisa bikin folikel rambut menyumbat sehingga pertumbuhan rambut jadi terhambat. Tak hanya itu, terlalu sering keramas juga sebenarnya gak baik buat kesehatan rambut karena produksi minyak alami di rambut bisa menurun. Hal ini bakal bikin rambut jadi kering dan mudah rontok. Maka dari itu, untuk merawat kesehatan rambut, cukup keramas minimal sehari 1 kali saja, tak perlu setiap ingin mandi.

Yuk, mulai sekarang hindari kebiasaan-kebiasaan yang bikin rambut mudah rontok diatas demi rambut yang sehat dan tebal.

Exit mobile version