Site icon Beritaenam.com

Jembatan Holtekamp, Kebanggaan Jokowi di Papua Sudah 99%

Jembatan Holtekamp yang berada di atas Teluk Youtefa.

Beritaenam.com, Jayapura – Jayapura saat ini memiliki ikon baru, yakni Jembatan Holtekamp yang berada di atas Teluk Youtefa. Pembangunan jembatan sepanjang 732 meter ini masih terus dikerjakan.

Saat ini, konstruksi jembatan yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muaratami, Papua sudah mencapai 99,7%. Masih ada sedikit pekerjaan ringan yang perlu diselesaikan.

Kepala Pelaksana Proyek Jembatan Holtekamp Sunardi mengatakan beberapa pekerjaan ringan yang dimaksud antara lain pekerjaan minor untuk melengkapi jembatan tersebut. Contohnya seperti pengecoran, pemasangan lampu, hingga rambu-rambu.

“Saat ini progres Jembatan Holtekamp sudah 99,7%. Jadi ada beberapa item minor yang belum selesai,” kata Sunardi, Jumat (7/9/2018) lalu.

Sunardi mengatakan pihaknya terus berupaya mempercepat pembangunan ini. Dia memperkirakan, konstruksi bentang utama Jembatan Holtekamp bisa rampung pada pertengahan September ini.

“Saya perkirakan itu di tanggal 10 atau tanggal 15 paling lambat sudah mencapai 100%” katanya.

Setelah konstruksi utama selesai dikerjakan, maka jembatan tersebut akan dilakukan uji beban. Uji beban ini dilakukan untuk mengetahui ketahanan dari konstruksi jembatan.

“Jadi dalam waktu dekat ini kita akan melakukan uji beban jembatan sebagai persyaratan sebagai serah terima jembatan ini, mungkin saya perkirakan di pertengahan pertengahan September. Sekarang sedang kita hitung beban berapa kita muatkan di sini,” kata Sunardi.

Lebih lanjut Sunardi mengatakan, bila semua berlajan lancar, maka kontruksi dan ujicoba ini bisa diselesaikan pada akhir September 2018. Hal ini sejalan dengan kontraktual Pemasangan bentang utama yang selesai pada 29 September.

“Jembatan ini kita selesai di September sudah harus selesai. Jadi mudah-mudahan insyaAllah dengan kita berusaha tepat waktu. Di akhir September kita usahakan selesai,” tuturnya.

Jembatan Holtekamp sendiri dibangun sejak tanggal 9 Mei 2015 lalu. Peletakan batu pertama jembatan dengan panjang 733 meter tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat itu.

Sumber: detik.com

Exit mobile version