Site icon Beritaenam.com

Jokowi-Ma’ruf Raih Suara Terbanyak di 27 Kabupaten di Papua

Petugas melakukan penghitungan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Tingkat Nasional Dalam Negeri dan Penetapan Hasil Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (15/5/2019). Paslon Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih suara terbesar di 27 kabupaten di Papua. (Foto: Antara)

beritaenam.com, Jakarta – Pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin meraih suara terbanyak perolehan suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 di 27 kabupaten di Provinsi Papua. Paslon nomor urut 01 ini meraih persentase suara 90 hingga 100 persen di masing-masing daerah itu.

Hasil ini diperoleh dari data rekapitulasi di 27 kabupaten di Provinsi Papua yang telah melakukan pleno rekapitulasi.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Papua sebanyak 3.542.544 orang yang tersebar di 15.250 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sementara dua daerah lagi, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kota Jayapura belum termasuk.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Intan Jaya Krismas Bagau mengatakan, dari hasil Pilpres 2019, Paslon Nomor Urut 01 Jokowi-Ma’ruf meraih 74.029 suara sedangkan Paslon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 11.309 suara.

“Jumlah surat suara yang tidak sah di Kabupaten Intan Jaya sebanyak dua lembar sedangkan jumlah surat suara sah sebanyak 85.338 lembar,” katanya.

Sementara Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay mengatakan, pihaknya masih memperbaiki hasil rekapitulasi perhitungan suara dari Kepulauan Yapen dan masih menunggu pelaksanaan rekapitulasi sejumlah distrik di Kota Jayapura yang belum tuntas.

“Kami telah menggelar rapat bersama dan mengajukan permohonan tambahan waktu rekapitulasi ke KPU RI selama satu hingga dua hari,” katanya.

Exit mobile version