Site icon Beritaenam.com

Tak Sampai Tiga Musim di MU, Mourinho Habiskan Rp 6,59 T

Pogba dan Lukaku.

Beritaenam.com – Jose Mourinho memaksimalkan status Manchester United sebagai klub terkaya dunia. Tak sampai tiga musim, dia menghabiskan Rp6,59 T untuk belanja pemain.

Mourinho kemarin dipecat oleh manajemen klub setelah performa buruk hingga kompetisi memasuki Desember.

MU tercecer jauh dari persaingan gelar juara Liga Inggris. Mereka sudah tertinggal 19 poin dari Liverpool di puncak klasemen.

Tak cuma itu, MU juga sulit masuk ke empat besar klasemen karena masih berselisih 11 poin dari Chelsea di posisi keempat.

Apa yang diperlihatkan Mourinho musim ini boleh jadi dianggap tak sebanding dengan apa yang sudah dikeluarkan klub untuk belanja pemain.

Sebab sejak ditunjuk jadi manajer MU pada musim panas 2016, Mourinho sudah mengeluarkan uang sekitar 363,5 juta pound sterling atau setara Rp6,59 triliun demi mendatangkan pemain-pemain top.

Pembelian termahal tentu Paul Pogba yang digaet dari Juventus di musim pertamanya dengan banderol 89 juta pound dan memecahkan rekor transfer dunia saat itu.

Bersamaan dengan Pogba, MU juga membeli dua bek yakni Eric Bailly dan Victor Lindelof dengan total belanja 60,7 juta pound atau lebih dari Rp1 triliun.

Mourinho juga memboyong Henrikh Mkhitaryan dari Borussia Dortmund dengan banderol 26,3 juta pound atau sekitar Rp480 M serta mengontrak Zlatan Ibrahimovic dengan cuma-cuma. Total Rp3,2 triliun dihabiskan Mourinho di musim pertamanya.

Masuk di musim keduanya, Mourinho cuma membelanjakan uang 115 juta pound atau senilai Rp2,09 T untuk memboyong dua pemain yakni Romelu Lukaku (75 juta pound) dan Nemanja Matic (40 juta pound). Tapi, di tengah musim lalu, MU menukar Alexis Sanchez dengan Mkhitaryan.

Tak ada sepeser uang pun dikeluarkan tapi MU harus membayar Sanchez begitu mahal yakni 350 ribu pound per pekan yang menjadikannya pemain dengan gaji tertinggi di Premier League.

Sementara, musim panas kemarin, belanja Mourinho berkurang drastis dengan hanya 72,5 juta pound dikeluarkan.

Pembelian termahalnya adalah Fred yang digaet dari Shakhtar Donetsk dengan 52 juta pound (Rp947 M), lalu Diogo Dalot dari Porto dengan harga 19 juta pound (Rp346) serta kiper cadangan Stoke City Lee Grant dengan 1,5 juta pound (Rp27 M).

Namun, dari sederet pembelian itu, boleh dibilang tak ada yang benar-benar nyetel dengan tim. Jangankan tiga pemain barunya musim ini, Bailly dan Lindelof saja masih angin-anginan penampilannya meski sudah dua tahun di klub itu. Pogba malah jadi musuh besar Mourinho musim ini dan tak dimainkan dalam beberapa pekan terakhir.

Sementara, Lukaku kehilangan ketajamannya musim ini setelah tampil oke di musim perdananya. Bagaimana dengan Sanchez? Anda lihat saja sendiri statistik penyerang Chile itu sejak meninggalkan Arsenal.

Satu-satunya pembelian MU yang terbilang sukses di era Mourinho justru Ibrahimovic. Dia langsung jadi top skorer di musim perdananya sebelum menurun karena dihantam cedera lutut.

Jadi, apakah menurut Anda sudah tepat Mourinho dipecat?

Daftar Pembelian Mourinho

2016
Eric Bailly: 30 juta pound: Rp547 M
Zlatan Ibrahimovic: Gratis
Henrikh Mkhitaryan: 26,3 juta pound: Rp480 M
Victor Lindelof: 30,7 juta pound: Rp560 M
Paul Pogba: 89 juta pound: Rp1,6 T

Total: 176 juta pound = Rp 3,2 T

2017
Romelu Lukaku: 75 juta pound: Rp1,36 T
Nemanja Matic: 40 juta pound: Rp729 M
Alexis Sanchez: Tukar Guling dengan Mkhitaryan

Total: 115 juta pound = Rp 2,09 T

2018
Fred: 52 juta pound: Rp947 M
Lee Grant: 1,5 juta pound: Rp27 M
Diogo Dalot: 19 juta pound: Rp346 M

Total: 72,5 juta pound = Rp 1,3 T

* Total belanja tiga musim: Rp6,59 T

Exit mobile version