Bahan Makanan Yang Tidak Baik Masuk Ke Kulkas

Tahukah Anda?

Tomat

Memasukkan tomat ke dalam lemari es akan mencegahnya matang dan mematikan rasanya. Menempatkan tomat di lemari es mengubah struktur kimianya dan mengurangi jumlah senyawa volatil dalam buah, yang memengaruhi rasanya.

Tekstur dan warna tomat juga dapat dipengaruhi oleh suhu dingin dan “luka dingin” yang disebabkan oleh suhu di bawah 5 derajat selsius dapat membuat buah lunak dan berlubang di permukaan.

 

Walau sering disangka sayuran, ternyata tomat termasuk dalam kategori buah-buahan. Si buah yang biasanya berwarna oranye atau merah ini bisa dikonsumsi dalam berbagai cara. Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh pun beraneka ragam, mulai dari mencukupi nutrisi tubuh hingga mencegah kanker.

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen (lycopene). Zat ini dapat membantu memerangi efek radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Selain itu, tomat rendah kalori dan lemak, namun kaya akan karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Tak heran jika manfaat tomat juga melimpah ruah.

9 Manfaat Tomat, Buah yang Disangka Sayur - Alodokter

Berbagai Manfaat Tomat bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat tomat yang dipercaya bisa mencegah bahkan meringankan gejala penyakit tertentu, di antaranya:

  • Mencegah kanker

Karena mengandung antioksidan seperti likopen, karotenoid, dan polifenol, tomat dapat membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Karenanya, manfaat tomat diduga berperan dalam mencegah berbagai kanker berbahaya, seperti kanker prostatkanker kolorektal, lambung, mulut, paru-paru, payudara, dan kandung kemih. Namun, asumsi tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut karena berbagai penelitian yang dilakukan sejauh ini masih menunjukkan data yang belum konsisten.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat tomat lainnya berasal dari kandungan kaliumnya. Meningkatkan asupan kalium serta mengurangi natrium (garam) sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dan mengurangi asupan garam dalam pola makan sehari-hari mampu mengurangi tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi yang ringan.

  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat tomat terkait erat dengan kesehatan jantung dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Kandungan kalium dan likopennya efektif menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL dan membantu menjaga kestabilan irama jantung. Nutrisi pada tomat juga terbukti dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke, terutama pada orang dengan obesitas.

  • Menjaga kesehatan kulit

Menurut sebuah penelitian, likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dan membantu menjaga kulit tampak awet muda. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit, rambut, dan kuku oleh sinar matahari, polusi dan asap. Tomat juga membantu dalam mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

  • Memelihara kesehatan mata

Tomat mengandung berbagai nutrisi penting untuk melindungi kesehatan mata. Manfaat tomat yang mengandung antioksidan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid dapat membantu mengurangi gejala mata lelah, dan mengurangi risiko penyakit mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula.

  • Baik untuk penderita diabetes

Tomat merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh, serta rendah lemak dan gula. Karena manfaat tomat dari kandungan nutrisinya yang melimpah dan merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah, maka tidak salah jika tomat dianggap sebagai makanan yang baik untuk penderita diabetes.

  • Mencegah depresi

Manfaat tomat dari kandungan nutrisinya juga diduga berperan dalam mengurangi risiko depresi. Penelitian menunjukkan bahwa lansia yang mengonsumsi tomat setiap minggu lebih jarang mengalami depresi. Akan tetapi efek tomat ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

  • Mencegah sembelit

Mengonsumsi makanan dengan kandungan air dan serat tinggi, seperti tomat, dapat membantu melancarkan buang air besar, menurunkan risiko sembelit, dan mencegah dehidrasi.

  • Menjaga berat badan

Tomat yang rendah kalori, karbohidrat dan lemak, namun kaya akan nutrisi lain, memiliki manfaat dalam menjaga berat badan. Manfaat tomat yang satu ini penting untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan, karena berbagai kandungan gizi dalam buah tomat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada saat diet.

Berbagai manfaat tomat tersebut memang masih membutuhkan penelitian dan bukti lebih lanjut. Namun, jangan ragu untuk menambahkan tomat ke dalam menu makanan sehari-hari Anda, karena buah tomat mengandung banyak nutrisi penting.

Kentang

Kentang perlu disimpan di tempat yang sejuk dan kering, baik di dalam kertas atau kantong berlubang agar tetap kering tetapi tidak di lemari es. Menyimpannya di lemari es dapat mengubah pati kentang menjadi gula, yang akan memengaruhi teksturnya dan menyebabkannya berubah warna dan terasa manis setelah dimasak.

Menjadi salah satu sayuran favorit yang diolah menjadi sayur sup maupun menjadi menu favorit. Biasanya kentang diolah menjadi kentang goreng, donat dan lain sebagiannya.

Di sisi lain, ternyata kentang memiliki banyak manfaat yang perlu Anda ketahui.  Jika selama ini Anda menganggap kentang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat alami, kentang juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat untuk kecantikan.

Kentang mengandung akan nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks,C, hingga asam folat. Selain lezat dikonsumsi, kentang juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut enam manfaat kentang yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu, 3 April 2019.

1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Mengkonsumsi kentang rebus tidak akan menambah berat badan Anda, justru sebaliknya akan mengurangi berat badan, tetapi dengan ketentuan kentang yang direbus tersebut tidak ditambahkan garam, keju, ataupun mayones.

Kentang yang mengandung serat pangan ini berfungsi sebagai cadangan makanan dalam tubuh dan mengakibatkan rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Hal ini bisa bantu Anda untuk mengonsumsi makanan dan tubuh tetap memiliki energi cadangan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Membantu Menjaga Fungsi Jantung dengan Baik

Karotenoid dalam kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi.

3. Mengatasi Kulit Kering

Penggunaan kentang sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, kentang sangat cocok untuk mengatasinya. Anda tinggal membuat masker kentang untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit. Tidak hanya itu, kentang juga dapat dijadikan sebagai penyegar alami dengan menggunakannya sebagai toner.

4. Membantu Mengelola Nutrisi Jadi Energi

Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada kentang sangat berfungsi memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Keduanya merupakan bahan bakar utama sebagai sumber energi bagi tubuh.

5. Mampu Menghilangkan Mata Panda

Jika Anda termasuk orang yang memiliki katung mata, kentang juga dapat mengatasi lingkarang hitam di sekitar mata. Telah terbukti kentang sangat efektif dalam menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata karena sifatnya yang mampu mencerahkan secara alami.

Anda bisa gunakan kentang yang sudah dipotong-potong atau jus kentang, kemudian letakkan di mata Anda. Penggunaan teratur akan memudarkan lingkaran hitam dalam waktu singkat.

6. Memperlancar Pencernaan

Kentang kaya akan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi serat juga bisa membantu mencegah jenis kanker tertentu terutama usus besar dan membantu mengatur kadar gula darah serta kolesterol.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Berita plus Musik — Klik (Segitiga di Biru bulat)

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Translate »