Debat Capres 2019, TKN: Jokowi Unggul 5-0

73
Hasto Kristiyanto saat berikan penjelasan kepada media.

beritaenam.com, Jakarta – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menakar skor debat keempat Pilpres. Menurut dia, Jokowi unggul di segala aspek ketimbang Prabowo Subianto.

“Skor bagi Pak Jokowi adalah 5-0,” kata Hasto saat nonton bareng debat di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Maret 2019.

Hasto menyebut keunggulan Jokowi terlihat dari pemahaman petahana mengenai politik luar negeri yang mengedepankan kepentingan nasional. Sementara Prabowo, selalu kembali ke masa lalu.

“Pada persoalan yang diungkap sejak tahun 2009, praktis tidak pernah ter-update,” kata Hasto.

Selain substansi, Hasto mengkritisi penampilan debat Prabowo. Dia bilang, Prabowotak mencerminkan seorang pemimpin. Berbeda dengansosok Jokowi yang tenang dan santun.

“Seharusnya (pemimpin) mampu mengendalikan emosi daripada menyatakan kepada audiens, menghardik audiens,” ungkap Hasto.

Ia berpandangan, tak seharusnya Prabowo menghardik audiens. Sikap Prabowo itu menunjukkan sikap otoriter, bukan keinginan untuk merangkul dan mempersatukan.

Adapun di sesi penutup, Hasto kembali memuji Jokowi yang ingin terus menjaga hubungan baik. “Tabir seorang pemimpin justru terungkap dalam debat ini, dan Pak Jokowi tampil mencari solusi bagi negeri,” pungkas dia.