Dunia Cryptocurrency Yang Mengubah Peradaban

oleh

Kita sedang menyaksikan sejarah yang ditulis ulang. Peradaban mengalami disrupsi, perubahan besar.

Tak hanya datangnya media sosial (Facebook, Twitter, Instagtam, TikTok). Tak hanya hadir Belanja Online (Amazon, Tokopedia, Shopee, dll). Tak hanya tiba sharing economy (Grab, Gojek, AirBnB, dll).

Tapi telah hadir pula dunia Cryptocurrency, uang crypto, uang digital, uang visual (Bitcoin, Ethereum, Ripple, dll).

Bersiap- siaplah. Uang (Fiat Money) yang kita kenal sekarang akan hilang. Kartu kredit raksasa model Visa Card, Master Card segera menjadi dinosaurus. Dan jumlah Bank akan merosot mungkin tinggal 10 persen saja dari yang ada sekarang, dalam 10-20 tahun ke depan.

Inilah kisah dua loyang Pizza termahal. Tanggal 22 Mei 2010, Lazslo Hanyecz belanja 2 loyang besar Pizza Papa John’s.

Harga 2 loyang itu sekitar 30-40 USD. Atau 450- 600 ribu rupiah. Lazlo membayarnya menggunakan Cryptocurrency sejumlah 10.000 Bitcoin (1). Saat itu nilai 1 Bittcoin itu setara dengan 45 rupiah.

Di tanggal 8 Januari 2021, nilai 1 bitcoin melesat ke angka USD 41,973. Atau senilai 500 juta rupiah. Jumlah 10.000 bitcoin di masa kini ini setara dengan 5 trilyun rupiah.

Lazlo satu satu mahluk dalam sejarah yang makan Pizza (11 tahun lalu), yang kini harganya 5 trilyun rupiah!

Wow!

Ini hanya terjadi kareka Bitcoin, pelopor Crytocurrency dalam 10 tahun nilai berlipat lebih dari 40 ribu kali. Di tahun Feb 2011, nilai 1 Bitcoin hanya 1 dolar USD. Tanggal 8 Januari 2021, nilai 1 Bitcoin setara 41, 973 USD. (2)

Bisnis apakah dalam sejarah yang dalam kurun waktu 10 tahun berlipat 40 ribu kali?

Namun hal sebaliknya terjadi. Dalam tempo hanya 48 jam, pasar Cryptocurrency pernah merosot nilainya total sebesar 14 ribu trilyun rupiah (3)

Sebanyak 14 ribu trilyun rupiah lenyap dalam waktu 2 hari saja!

-000-

Dua teknologi tinggi telah datang yang akan mengubah pasar keuangan selamanya.

Pertama adalah blockchain.

Blockchain adalah sistem yang merekam informasi sedemikian rupa. Sehingga informasi itu hampir mustahil diubah, dibajak, atau ditipu.

Ia semacam virtual buku besar transaksi yang didistribusikan dan diduplikasi kepada semua komunitas peserta dalam sistem komputer.

Smart Contracts adalah protokol transaksi dalam sistem komputer. Sekali aturan main disepakati dalam smart contract, secara otomatis aturan itu berlaku.

Dua teknologi ini membuat transaksi keuangan dapat terjadi peer to peer, antara dua pihak, tanpa perlu lagi kehadiran perantara.

Bank, uang (fiat money), kartu kredit itu perantara (pihak ketiga), yang menjembatani transaksi dua pihak. Saat itu perantara dibutuhkan untuk membuat dua pihak yang bertransaksi terlindungi.

Blockchain dan smart contract kini menggantikan peran pihak ketiga.

Maka transaksi keuangan menjadi lebih murah (tak perlu fee pihak ketiga), lebih cepat (tak perlu birokrasi), dan relatif sudah aman pula.

Dengan sendirinya sejarah akan memihak pada teknologi yang lebih cepat, lebih murah dan tetap aman. Itu sebabnya, uang (fiat money), bank, kartu kredit, dan peran perantara dalam transaksi keuangan akan kehilangan peran.

Kisah cryptocurrency semakin hot karena ada unsur “unsolved mystery.” Pendiri dari sistem itu, Bitcoin, adalah Satoshi Nakamato.

Tapi tak pernah ada yang tahu seperti apa wajah Satoshi Nakamoto itu? Apakah Ia nama samaran? Tapi nama samaran dari siapa?

Begitu hebat dan jenius kerja Satoshi, seorang ekonom University of California, Baghwan Chaudry, mencalonkan Satoshi untuk menerima hadiah Nobel. Menurut Baghwan, penemuan Satashi akan mengubah wajah ekonomi. (4)

Tapi Royal Academy, pemberi Nobel, menyatakan. Mereka tak bisa memproses usulan Nobel sampai Satoshi menampakkan identitasnya.

Satoshi diyakini menyimpam 1 juta bitcoint. Nilai kekayaannya, kini, sekitar 500 Trilyun rupiah.

Tapi sang jenius itu, yang super kaya itu, tak tahu dimana rimbanya.

-000-

Capitap Market keseluruhan Cryptocurrency di akhir Januari 2021 sebesar 964.51 Billion USD. Itu setara dengan sekitar 12 ribu trilyun rupiah.

Bisnis cryptocurrency segera pula dominan di Indonesia.

Ini bisnis yang “ngeri-ngeri sedap.” Dua fakta ini penyebabnya. Ia bisa membuat profit hingga 40 ribu kali lipat dalam waktu 10 tahun. Tapi ia juga bisa membuat rugi 14 ribu trilyun dalam waktu 2 minggu.

Sejarah tengah ditulis ulang ! Bersiap siaplah hidup dengan Cryptocurrency.

Jan 2021

CATATAN Denny JA

Apa itu Mata Uang Digital?

Seiring dengan perkembangan zaman, sekang masyarakat mulai tertarik dengan penggunaan mata uang digital sebagai pembayaran. Hal ini terbukti dengan banyaknya situs resmi jual beli mata uang digital yang hadir menghiasi dunia virtual di tanah air. Untuk anda yang belum banyak mengetahuinya, maka anda bisa menyimak pembahasan mengenai mata uang digital berikut ini.

Berkenalan Dengan Mata uang Digital

mata uang digital

Mata uang digital atau biasa disebut dengan cryptocurrency adalah mata uang virtual yang tidak mempunyai bentuk fisik.

Criptocurrency sendiri artinya teknologi mata uang yang transaksinya tidak tampak dan aman. Meski tidak mempunyai bentuk fisik, namun jenis mata uang ini memiliki nilai tukar pada mata uang konvensional.

Fungsi dan kegunaan dari mata uang digital ini sama dengan fungsi dan kegunaan dari mata uang konvensional pada umumnya.

Hanya saja cryptocurrency ini tidak mempunyai bentuk fisik seperti mata uang konvensional. Meski begitu tetap saja keduanya mempunyai fungsi yang sama.

Selain itu, mata uang digital juga mempunyai nilai. Dengan begitu anda bisa menggunakannya untuk bertransaksi.

Meski begitu, traksaksinya harus dilakukan melalui internet. Nah karena cara transaksi dan pembayarannya secara virtual, maka mata uang digital memerlukan pengamanan yang baik.

Tujuannya supaya harta virtual anda tidak mudah dicuri oleh orang lain. Disinilah diperlukan kode yang lebih rumit dari biasanya demi pengamanan uang digital ini.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan mata uang digital sifatnya langsung, tanpa ada pihak ketiga atau thirt party.

Untuk transaksi dengan mata uang ini, maka komputer biasa kurang mampu mengakomodasinya. Anda perlu mempunyai sebuah komputer yang canggih.

Platform yang umumnya digunakan adalah Blockchain. Dengan platform ini, anda bisa  bertransaksi dengan mata uang digital anda secara lancar dan baik.

Nilai tukar dari mata uang digital dapat terjadi nilai tukar fluktuatif yang artinya tidak terduga. Hal tersebut umumnya dapat dimanfaatkan sebagai pelaku trader.

Tidak seperti mata uang pada umumnya yang dicetak, cryptocurrency ini didesain dengan cara memecahkan soal matematika yang berdasarkan kriptografi.

Cryptocurrency yang pertama hadir dan berhasil meraih kesuksesan adalah bitcoin yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto. Kesuksesan Bitcoin ini kemudian menjadi inisiator dari munculnya jenis baru dari cryptocurrency yang mencoba untuk bersaing dengan Bitcoin.

Jenis-Jenis Mata Uang Digital

mata uang digital

Pada dasarnya ada beberapa jenis mata uang digital yang perlu Anda ketahui. Yuk simak penjelasan singkatnya berikut ini:

  1. Bitcoin

Mata uang digital yang satu ini dibuat pada tahun 2008 dan merupakan cyptocurrency pertama yang pernah ada. Hal menarik dari Bitcoin adalah tidak ada yang tahu pasti siapa yang menciptakannya. Namun yang kita tahu jika pembuatnya menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto.

  1. Ethereum

Ethereum merupakan mata uang digital kedua yang bisa dibilang paling berharga setelah Bitcoin. Mata uang ini dibuat tahun 2015 oleh Vitalik Biterin. Sebenarnya mata uang digital Ethereum ini lebih dari sekadar mata uang digital. Ethereum merupakan sebuah platform berbasis blockchain untuk mengembangkan aplikasi terdesentralisasi dan kontrak pintar.

  1. Ripple

Ripple merupakan jenis cryptocurrency yang sangat unik. Hal ini karena cryptocurrency ini berfokus pada penyelesaian masalah yang berkaitan dengan hanya satu industri transfer pembayaran internasional.Ripplex adalah mata uang digital yang diciptakan pada tahun 2012 dengan tujuan untuk  membuat transaksi internasional lebih cepat dan murah.

  1. Bitcoin Cash

Bitcoin Cash adalah cabang dari Bitcoin. Tujuan dari diciptakannya mata uang digital yang satu ini adalah untuk memecahkan beberapa masalah Bitcoin yang ada, terutama terkait dengan skalabilitas dan biaya transaksi.

  1. Litecoin

Litecoin adalah cryptocurrency yang diciptakan pada tahun 2011. Mata uang digital ini diciptakan oleh Charlie Lee, seorang mantan karyawan Google. Litecoin saat ini sudah termasuk dalam daftar cryptocurrency teratas karena sudah teruji oleh waktu dan sudah ada selama lebih dari tujuh tahun.

Bagaimana Cara Menentukan Harga dari Sebuah Mata Uang Digital?

mata uang digital

Pada dasarnya harga dari sebuah cryptocurrency bergantung pada mekanisme pasar. Pasar cryptocurrency sendiri adalah sebuah pasar yang mempunyai votalitas dan fluktuatif yang sangat cepat berubah dan ekstrim. Bahkan hanya dalam beberapa jam saja sebuah crytocurrency ini bisa mencapai kenaikan harga hingga 1000% atau malah sebaliknya.

Harga dari setiap mata uang digital ini juga hampir sama seperti produk-produk pada umumnya yaitu tergantung dari permintaan dan penawaran dipasaran. Apabila banyak orang yang melakukan permintaan pada sebuah mata uang tertentu, sedangkan penawarannya tidak terlalu banyak, maka nilai dari mata uang akan mengalami peningkatan. Sebagai contoh, misalnya saja Bitcoin. Total secara keseluruhan dari bitcoin yang disediakan oleh sistem adalah 21 juta. Untuk itulah, suplai dari Bitcoin ini akan mengalami penuruhnan dari waktu ke waktu yang nantinya akan menyentuh puncak suplainya ditahun 2240.

Hal inilah yang kemudian dapat menjelaskan kenapa nilai dari Bitcoin ini selalu lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis mata uang yang lainnya. Cryptocurrency bisa dimanfaat dalam beberapa kegiatan. Saat ini paling tidak terdapat 3 kegiatan transaksi yang bisa anda lakukan dengan cryptocurrency yaitu:

  1. Jual Beli Bitcoin di Pasar Bursa

Aktivitas yang satu ini sangat menjanjikan keuntungan yang cukup baik bagi para profesional maupun para pemula. Alasannya karena pasar bursanya masih bisa dikatakan sebagai suatu hal yang baru di mana arbitrase dan margin tradingnya masih dimungkinkan terjadi secara luas dan sesering mungkin.

Di sisi lain, harga mata uang yang masih saja berubah-ubah secara drastic juga mamiliki peran yang sangat penting dalam mendatangkan invenstor-investor baru di pasar ini. Jika dibandingkan dengan pasar bursa finansial yang konvensional, maka pasar cryptocurrency bisa dikatakan sangat bebas hambatan dan sangat mudah untuk bergabung ke dalamnya.

Anda bisa secara langsung mendaftar, menukarkan mata uang fiat anda dengan Bitcoin dan langsung bisa memulai aktivitas trading mandiri anda.

  1. Pengeluaran Personal

Anda bisa saja menggunakan mata uang ini untuk membeli barang apapun, selama perusahaan ini mau menerima pembayaran dengan mata uang kripto.

  1. Crowdfunding (Penggalangan Dana Masal)

Anda dapat memberikan sesuatu pada komunitas dengan cara berpartisipasi di berbagai kegiatan penggalangan dana massal atau crowdfunding. Salah satu keuntungan memberi donasi lewat Bitcoin adalah anda tidak akan dikenakan biaya untuk transaksi tersebut. Selain itu, uang yang anda berikan tidak akan pernah diberikan jika proyek yang anda danai tidak memenuhi atau mencapai kriteria. Hebatnya lagi anda bisa menarik kembali donasi bila tidak sesuai dengan tujuan awal anda melakukan donasi.

Kelebihan Mata Uang Kripto

mata uang digital

Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi pada mata uang kripto, pastikan anda mengetahui beberapa kelebihan berikut ini:

  1. Kecepatan dan Kemudahan

Kelebihan pertama dari cryptocurrency adalah mengenai kecepatan dan kemudahan penggunaanya. Mata uang yang satu ini memang sengaja diciptakan sebagai solusi rumitnya transaksi keuangan dan perbankan konvensional. Dengan cryptocurrency anda bisa meakukan transaksi dengan lebih cepat, mudah dan praktis.

  1. Keamanan

Kelebihan selanjutnya adalah masalah keamanan yang membuat para investor sangat tertarik. Keamanan adalah hal yang sangat penting mengingat jika belakangan ini banyak sekali terjadi peretasan dan pencurian data.

Pihak seperti bank yang bisa kita percaya untuk menjamin keamanan data nasabah saja masih dapat membocorkan data tersebut pada pihak lainnya. untuk itulah, sebagian orang lebih memilih menyembunyikan identitas mereka saat bertransaksi demi keamanan.

Nah dengan cryptocurrency ini anda bisa melakukan transaksi keuangan, tanpa harus menampilkan identitas asli.

  1. Adanya Potensi Kenaikan Harga Mata uang

Kelebihan cryptocurrency yang ketiga adalah tentang potensi kenaikan nilai mata uang yang terbilang besar. Hal ini tentu saja mampu memberikan keuntungan pada pemilik mata uang ini.

Beberapa orang yang telah membeli bitcoin ketika harganya masih rendah saat ini bisa mendadak jadi kaya karena menjual bitcoinnya ketika nilai tukarnya sudah melambung tinggi. Potensi akan kenaikan harga inilah yang akhirnya membuat banyak orang tergiur untuk berinvestasi pada cryptocurrency.

  1. Menghindari Pemalsuan uang

Di Indonesia dan Dunia pemalsuan uang kertas bukan hal baru lagi. Orang yang tidak bertanggung jawab tersebut kemudian menggunakan uang palsu untuk membeli sesuatu. Selain itu, pada penggunaan kartu debit atau kredit, kejahatan lain seperti cardi juga rawan terjadi.

Nah mata uang berbasis kriptografi ini dirancang khusus supaya tidak mudah diretas dan digunakan dalam bertransaksi oleh orang lain. Cryptocurrency pun tidak bisa dipalsukan jadi sebagai pengguna anda akan merasa lebih aman.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *