Film Orang Kaya Baru, Komedi Satir Yang Menghibur

212

beritaenam.com, Jakarta – Film yang baik, menghibur dan berkualitas dimulai dari sekenario yang baik. Sehingga sang sutradara selaku eksekutor di lapangan dengan mudah menjalaninya. Itulah yang di akui Ody C Hidayat sebagai sutradara film Orang Kaya Baru, karena kekuatan cerita yang ditulis Joko Anwar. Maka Ody dengan mudah mewujudkan dalam gambar.

“Joko sangat kuat menulis Orang Kaya Baru, sehingga saya mudah mengeksekusi di lapangan. Selain itu, saya juga disodori pemain yang bagus dan matang, sehingga syuting nya berjalan lancar dan. Hasilnya? Seperti yang teman-teman media lihat barusan,” ujar sutradara yang akrab disapa Oca ini.

Orang Kaya Baru kisahnya lumayan menarik dan berbeda dari cerita film yang ada selama ini dan merupakan pengalaman serta imajinasi dari Joko Anwar, yang dituangkan dalam sekenario.

Sutradara yang sukses dengan film Pengabdi Setan ini akhirnya berkolaborasi dengan Oca ketika menulis cerita genre komedi ini. Joko menghadirkan liku-liku kisah keluarga sederhana yang dibumbui dengan komedi segar, ringan, tetapi dengan menyentil keadaan yang terjadi di masyarakat

Kisah OKB berawal dari kehidupan keluarga yang dinakhodai oleh seorang Bapak (Lukman Sardi) yang awalnya diketahui hanya bekerja di bengkel dengan gaji pas-pasan. Ia pun tinggal bersama dengan Ibu (Cut Mini), dan tiga orang anak, Tika (Raline Shah), Duta (Derby Romero), dan anak terakhir, Dody (Fatih Unru).

Hidup kekurangan tidak membuat mereka semua terbebani dalam menjalani hidup. Segala persoalan yang mereka hadapi sehari-hari seolah langsung sirna ketika pulang ke rumah sederhana dengan makanan seadanya yang dibuat oleh Ibunya sudah siap tersaji di meja makan. Makan bersama adalah cara menumpahkan setiap persoalan yang menghadang mereka.

Senda gurau dan percakapan hangat antara satu dengan yang lainnya, seolah bisa mengobati rasa sedih akan keadaan mereka semua.

Dan situasi berubah ketika sang Bapak secara tiba-tiba meninggal dunia. Sedih dan terpukul semakin menghantui. Ibu sebagai kepala keluarga pun resah. Dari mana cara mendapatkan uang untuk kelanjutan kehidupannya.

Namun rupanya sang Bapak meninggalkan harta simpanan sebesar 30 milyar. Karena uang yang disimpan di Bank lumayan banyak, maka untuk mencairkan dibutuhkan jasa pengacara.

Pertanyaan, apa yang dilakukan keluarga sederhana ketika mendapatkan duren runtuh?Semua barang dan kegiatan yang telah lama diimpi-impikan akan segera terwujud. Begitu pula yang dilakukan oleh keluarga sederhana yang berada dalam film, Orang Kaya Baru yang akan tayang pada 24 Januari 2019.

Film yang produksi Screenplay Pictures Production dan Legacy Film ini rupanya sebuah kisah inspiratif. Nasib berubah, ketika mereka dikagetkan dengan kehadiran seorang pengacara yang memberikan kejutan untuk keluarga yang tengah dirundung duka. Sang pengacara membawa sebuah video wasiat dari Bapak.

Ternyata lelaki yang mengaku kerja di bengkel sebenarnya adalah orang yang pura-pura menjadi miskin, dan semua harta Bapak bisa dicarikan secara bertahap dalam jumlah yang tak terhitung lagi.

“Selamat menikmati hidup,” adalah pesan Bapak di akhir video.

Inilah awal di mana mereka memulai hidup baru dengan segala kemewahan. Mobil baru, rumah mewah, gawai canggih, dan perhiasan emas kini berhasil mereka miliki. Namun sayang, saat mereka berada di atas, persoalan semakin rumit dan mencekik. Sampai dua hal penting, nilai keluarga dan persaudaraan terkikis.

Film Orang Kaya Baru seperti cermin buat masyarakat. Semua itu, lantaran ceritanya merupakan kisah yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia yang memiliki banyak mimpi, tapi tersandung kebutuhan ekonomi yang tidak memadai. (Boeyil)