Gunung Bromo Erupsi, Wisatawan Diminta Menjauh 1 Km

85
Gunung Bromo.

beritaenam.com, Jakarta – Gunung Bromo terpantu erupsi dan mengeluarkan kolom abu. Wisatawan diminta menjauh dalam radius 1 km.

Pada Senin (18/2/2019), Gunung Bromo menunjukan aktivitasnya. Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Bromo di Jawa Timur melaporkan bahwa telah terjadi hembusan menerus disertai abu tipis di Gunung Bromo.

“Mengimbau kepada masyarakat sekitar Gunung Bromo, pengunjung, wisatawan, maupun pendaki agar tidak memasuki kawasan kawah aktif Gunung Bromo dalam radius 1 km,” demikian disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dalam keterangan resminya

Saat ini, tingkat aktivitas Gunung Bromo masih berada di Level II (WASPADA). PVMBG mencatat, kolom abu teramati berwarna putih hingga coklat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal condong ke arah barat dan barat daya.

“Tinggi kolom abu teramati sekitar 600 meter di atas puncak, 2.929 mdpl,” ungkap Kepala PVMBG, Badan Geologi, Kementerian ESDM, Kasbani.

Berdasarkan rekaman dari seismograf di pos pemantau, gempa hembusan terekam berupa tremor terus menerus dengan amplitudo 0,5-1 mm dominan 1 mm. Untuk memantau sektor geologi secara real time, masyarakat juga dapat mengunduh aplikasi MAGMA di playstore.