Ini Beberapa Manfaat Tersembunyi Buah Srikaya

112
Buah srikaya.

beritaenam.com – Semua sudah tak asing dengan buah srikaya. Buah srikaya memiliki bentuk khas jika dibandingkan dengan buah-buah lain pada umumnya. Rasanya yang manis dan enak untuk dikonsumsi menjadikannya memiliki penggemar tersendiri.

Peminat yang cukup tinggi menjadikannya banyak dijual di masyarakat. Bahkan tak jarang masyarakat yang justru memiliki pohon buah ini sendiri. Biasanya, srikaya dikonsumsi dalam bentuk smoothies, jus, makanan pencuci mulut dan es krim.

Selain mengandung kalori tinggi dan gula alami, srikaya juga mengandung antioksidan dan vitamin C, yang bisa membantu menyingkirkan radikal bebas dari tubuh. Buah ini juga kaya sumber kalsium, zat besi, potasium, niasin, vitamin A, serat dan magnesium.

Tidak hanya itu, ternyata srikaya juga memberikan banyak keuntungan untuk tubuh lho! Mengutip dari berbagai sumber, Senin (11/2/2019) berikut adalah manfaat buah srikaya:

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Suatu zat bernama natrium dan kalium yang ditemukan di srikaya, ternyata dapat membantu proses kontrol dan pengaturan tekanan darah manusia. Ini bagus untuk kesehatan sistem kardiovaskular, mencegah penyakit jantung dan stroke serta memperkuat otot jantung. Magnesium juga memberikan efek yang sama.

Mencegah anemia

Srikaya adalah sumber zat besi yang baik, yang berarti buah ini dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia, penyakit akibat kekurangan sel darah merah.

Mencegah kanker

Buah srikaya mengandung zat yang disebut asetogenin dan alkaloid yang baik untuk mencegah berbagai jenis kanker yang terjadi di tubuh manusia. Jadi perbanyak konsumsi buah ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan.

Mencegah asma

Srikaya adalah sumber antioksidan dan vitamin C yang baik, sehingga dapat membantu mengurangi risiko serangan asma. Individu yang menderita asma sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak srikaya dalam asupan makanan mereka.

Baik untuk ibu hamil dan janin

Selain enak, srikaya juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Buah ini mengandung nutrisi yang berkontribusi terhadap perkembangan janin sehat, antara lain: serat, karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak esensial.

Wanita hamil yang mengkonsumsi srikaya akan mendapatkan lebih banyak manfaat untuk janin. Ini membantu pembentukan sistem saraf, otak, dan kebal terhadap bayi. Buah ini juga mengurangi risiko keguguran. Ibu menyusui juga disarankan untuk mengonsumsi buah srikaya karena dapat membantu dalam proses produksi ASI.

Baik untuk pencernaan

Srikaya dapat membantu sistem pencernaan mencerna makanan yang masuk ke tubuh, karena kandungan seratnya yang tinggi. Buah ini juga bisa membantu menghilangkan racun (toksin) di usus, sehingga proses pencernaan bisa berjalan lebih lancar. Buah srikaya juga membantu mengurangi risiko sembelit, bisul, dan sakit perut umum.

Antioksidan

Srikaya merupakan sumber antioksidan, vitamin C, dan senyawa polifenol yang sangat baik. Nutrisi ini melawan oksidasi yang berhubungan dengan kanker, penuaan dini, aterosklerosis dan penyakit neurodegeneratif. Ini juga berguna untuk mengobati penyakit bawaan kronis.