Membuat Karya, Bisa Jadi Tranding

111

Beritaenam.com – Tiap hari saya dapat kiriman lagu demo dari beberapa pencipta. Temanya beragam, genre musiknya macam2, ada pop, dangdut, reggae, dan lain2. Biasanya yg ngirim demo lagu, minta segera direspon, kalau bagus, berharap bisa di publish. Kalau kurang, ya saya bilang apa adanya. Dan disertai catatan-catatan, kekurangannya di mana.

Tapi ada juga yang belum saya respon. Masalahnya belum sempat review. Tapi percayalah, sebagai pelaku industri musik, saya selalu kasih ruang buat pencipta untuk bikin karya yang terbaik dan disukai publik. Karya yang berharap masuk ranah publik dan menjadi tranding.

Nggak mudah sebuah karya masuk tranding di cannel youtube. Banyak faktornya. Selain lagu itu memiliki prasyarat ada ‘sesuatu’, memang harus di kawal dan di optimalisasi, sehingga pencapaiannya maksimal.

Saya kasih contoh lagu berikut ini. Judulnya Aku Rela, penyanyinya Tri Suaka. Lagu ini baru di apload sehari di cannel youtube, sudah masuk trending di cannel musik. #akurela

Saya suka lagu ini. Dari awal saya amati lagu ini ada ‘sesuatu’. Dan memang seperti itulah sebuah karya di sajikan, dan menjadi tranding, tentu kebanggan tersendiri buat penciptanya. Ayo terus berkarya, itu harapan saya buat para pencipta lagu. Kalian bisa mengaktualisasilan diri, lewat karya2 kalian. Era digital, dan sebentar lagi masuk era 4.0, memungkinkan setiap orang bergerak maju dalam ruang tak terbatas.Dan yang penting, musik adalah ekspresi. Musik, menjadi elemen penting. Karena dunia ini akan sepi, tanpa musik. Yuk ah simak lagu ini, sekedar buat dijadikan referensi.