Michel Platini Ditangkap Polisi Prancis atas Tuduhan Suap Piala Dunia 2022

59
Michel Platini.

beritaenam.com – Legendaris tim nasional Prancis dan Juventus Michel Platini ditangkap kepolisian Prancis di wilayah Nanterre, Paris, Selasa (18/6/2019) pagi waktu setempat. Dia dituduh terlibat suap dalam proses pemilihan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Dilansir Omnisport, awalnya Platini diinterogasi selama beberapa jam di Kantor Anti- Korupsi Kepolisian Yudusial (OCLCIFF). Setelahnya, pria 63 tahun itu ditahan demi memperlancar proses penyidikan.

Platini sudah dikaitkan dengan kasus suap Piala Dunia 2022 sejak 2015. Pemain terbaik dunia tiga kali itu diduga mendapat uang 2 juta US Dolar (Rp28,6 miliar) dari mantan Presiden FIFA Sepp Blatter untuk mendukung Qatar menjadi tuan rumah.

Kini, dia terancam kurungan penjara jika memang terbukti bersalah. Terpilihnya Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 menjadi kontroversi karena kasus korupsi yang melibatkan sejumlah petinggi FIFA.

Sejumlah petinggi otoritas tertinggi sepak bola dunia itu yang sudah ditahan karena kasus korupsi Piala Dunia 2022 antara lain Jeffrey Webb, Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Jack Warner, dan Eugenio Figueredo.