Miliki Banyak Khasiat, Ini 10 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

124
Brokoli.

beritaenamcom, Jakarta – Brokoli memiliki banyak manfaat yang bisa kamu coba. Sayur ini berwarna hijau dan bagian yang dikonsumsi adalah bagian kepala bunga.

Brokoli memiliki kesamaan bentuk dengan kembang kol. Banyak yang mengira bahwa kembang kol merupakan brokoli putih, karena perbedaan hanya terdapat pada warnanya yang putih. Namun nyatanya tidak demikian.

Adapula tanaman yang disebut brokoli kuning. Tetapi brokoli kuning ini hanya menyerupai sayur brokoli yang biasa kamu konsumsi. Brokoli kuning merupakan tanaman hias yang menyerupai brokoli.

Biasanya brokoli diolah menjadi salad dan tumisan. Nutrisi yang terdapat pada brokoli memiliki banyak khasiat yang beragam. Apa saja manfaatnya?

1. Baik untuk Ibu Hamil

Nutrisi yang terkandung dalam brokoli sangat bagus untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selain itu asam folat yang dimiliki brokoli juga bagus untuk mencegah kecacatan pada bayi yang baru lahir.

2. Untuk Pertumbuhan Kalsium Anak

Brokoli memiliki kandungan kalsium yang dapat menyehatkan tulang. Anak-anak membutuhkan asupan kalsium yang banyak untuk memperkuat tulang dan gigi. Sehingga dengan memberikan brokoli pada anak akan membantu pertumbuhannya.

3. Bantu Turunkan Berat Badan

Brokoli termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak, sehingga bagus untuk kamu yang sedang diet. Sayuran ini kaya akan serat yang membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Kamu pun dapat mengontrol nafsu makan.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi brokoli, kamu dapat menjaga kesehatan karena terhindar dari berbagai penyakit.

5. Mencegah Kanker

Brokoli mampu membentuk senyawa aktif biologis selama kamu memasak, mengunyah, dan mencerna. Karena adanya glusonalat yang membentuk senyawa indole-3-carbinol, senyawa antikanker yang kuat.

Senyawa lain yang dapat mencegah kanker adalah sulforaphane, atau yang disebut sulfur organik alami. Sulforaphane mendukung fungsi dan pembagian sel normal dan bahkan meningkatkan kematian sel terprogram di sel kanker. Dengan mengonsumsi brokoli 3 porsi dalam seminggu dapat mencegah risiko kanker hingga 60 persen.

6. Dapat Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat brokoli lainnya yang bisa kamu coba adalah dapat mendetoksifikasi tubuh. Brokoli mampu menetralkan dan menghilangkan bahan kimia yang tidak dibutuhkan di dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan lutein karotenoid yang dimiliki brokoli dapat membantu perlambatan atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh. Hal ini dapat menjaga tubuh dari penyakit jantung dan stroke. Vitamin B6 dan folat di dalam brokoli juga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin A dan K serta folat yang dimiliki brokoli bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sementara kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin E pada brokoli mampu membantu dalam mengganti jaringan kulit yang rusak. Brokoli juga mengandung fito-nutrien yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari.

9. Menjaga Tekanan Darah Tinggi

Bagi kamu pengidap tekanan darah tinggi, bisa mencoba mengonsumsi brokoli. Kandungan kalium dan magnesium yang dimilikinya dapat membantu mengontrol tekanan darah.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan penglihatan yang lebih baik. Lutein yang terdapat dalam brokoli juga berfungsi untuk menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari.

Agar tidak kehilangan manfaat pada brokoli, kamu harus memperhatikan pengolahannya. Jangan memasak brokoli terlalu lama dan cukup dikukus atau ditumis selama beberapa menit. Angkat ketika sayuran masih berwarna hijau dan kamu bisa menggunakan campuran makanan lainnya untuk melengkapi kebutuhanmu. Selamat mencoba!