Pesawat Rusia Aeroflot Sukhoi Superjet Terbakar, 41 Penumpang Tewas

oleh
Pesawat Aeroflot terbakar di Moskow, Rusia. (Foto: Komite Investigasi Rusia vie REUTERS)

beritaenam.com – Empat puluh satu orang dikabarkan tewas dan sedikitnya lima orang terluka ketika sebuah pesawat Rusia Aeroflot Sukhoi Superjet melakukan pendaratan darurat di bandara Sheremetyevo, Moskow, Minggu (5/5/2019).

Komite Investigasi Rusia mengkonfirmasi bahwa 37 dari 78 penumpang, tujuan Moskow dari Murmansk di Rusia utara, telah selamat, sementara 41 sisanya tewas.

Kantor-kantor berita Rusia melaporkan berbagai angka tentang jumlah yang terluka – dari lima menjadi lebih dari 10.

Interfax melaporkan bahwa ekor pesawat Rusia Aeroflot benar-benar terbakar dan mengatakan tim penyelamat sedang berusaha menemukan korban di bagian pesawat itu.

Pesawat jenis Sukhoi Superjet yang berusia satu tahun itu berangkat dari Sheremetyevo ke Murmansk tetapi tidak lama setelah lepas landas meminta pendaratan darurat karena disambar petir, lapor kantor berita pemerintah TASS mengutip pernyataan para anggota kru.

Dilansir dari moskowtimes, pesawat itu memiliki nomor registrasi RA-89098. Layanan pelacakan Flightradar24 menunjukkan bahwa pesawat telah berputar dua kali di atas Moskow sebelum melakukan pendaratan darurat setelah sekitar 45 menit.

Cuplikan TV menunjukkan pendaratan pesawat dengan ekornya menyala pada pendaratan pertama sebelum moncong pesawat terlihat naik kembali di landasan. Di tanah, asap hitam mengepul dari pesawat.

Banyak penumpang kemudian melarikan diri melalui slide darurat pesawat sesaat setelah pendaratan darurat terjadi.

Kantor-kantor berita Rusia mengatakan pesawat itu, yang terbang dari Moskow ke kota Murmansk di Rusia utara sebelum berbalik, membawa 78 penumpang. Tidak jelas berapa banyak anggota kru di dalamnya.

Penyelidik Rusia mengatakan bahwa mereka telah membuka penyelidikan dan sedang menyelidiki apakah pilot telah melanggar aturan keselamatan udara.

Kantor berita Interfax melaporkan bahwa tim penyelamat sedang menyisir puing-puing hangus bagian belakang pesawat untuk mencari korban yang selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *