Rumah Makan H Abas Nampol dari Segala-galanya

204

beritaenam.com, Ciamis – Jangan mengharapkan suasana mewah, kalau ingin makan di rumah makan Haji Abas di Telagasari, Kawali, Ciamis, Jawa Barat. Memang bukan kemewahan yang disajikan, tapi kesederhanaan, yang serba nampol.

Kesederhanaan yang disajikan, benar-benar menyihir pemburu kuliner dari berbagai daerah, termasuk beritaenam.com. Dari Jakarta, banyak datang khusus di akhir pekan.

Tempatnya sederhana, di tengah sawah..makanannya pun ala kadarnya..paling mewah ayam ungkep bumbu kuning.

Mau makan, pengunjung dipersilahkan ambil sendiri di dapur. Nasi berikut lauknya. Ayam ungkep, ikan peda asin, bandeng, tempe orek, pepes tahu, dan lain-lain. Lengkap.

Jangan lupa, petainya masih segar dan pilih sendiri. Sambal? Nah ini yang nampol. Daya tariknya memang di sambal orek, ditumbuk kasar, hanya cabe dan garam aja, rasanya ya tetap maknyuss. Pedasnya nampol. Seperti ini aja, pelanggan berjubel.

Warungnya Haji Abas, sudah ada sejak 15 tahun yang lalu, sampe sekarang nggak berubah. Tetap mempertahankan kesederhanaannya.

Buat orang kota, inilah suasana yang bikin nampol di hati, makan di tengah sawah dengan suasana apa adanya, jelas bikin adem dan menggungah selera.

Soal harga, gimana kita nggak geleng geleng kepala, murahnya nampol. Bayangkan, makan bertujuh, sampe kenyang dengan lauk macam-macam cuma habis Rp 88rb.

Kaget, sangat murah. Siapa bilang uang 100rb nggak cukup buat beli makan. Di sini malah bisa makan buat ber tujuh, masih ada kem balian.