https://bentrap.com/

Seperti Diceritakan Oleh Kami: Festival Film Digital Merayakan Beragam Narasi Hitam

  • Bagikan

[ad_1]

Film masih dari 'Black to Life' oleh Akinola Davies.

Film masih dari ‘Black to Life’ oleh Akinola Davies. Semua foto: Atas kebaikan Melanin Unscripted

Keberhasilan sinema Hitam dalam setengah dekade terakhir sangat bergantung pada studio film dan penonton yang mengembangkan kapasitas untuk membayangkan narasi Hitam yang luas, rumit, dan menempati genre yang belum dipetakan sebelumnya. Dari horor gothic Jordan Peele Keluar, ke lukisan yang bergerak lambat milik Barry Jenkins Sinar bulan, hingga hubungan cinta diaspora kulit hitam dengan film superhero live-action Macan kumbang, keserbagunaan dan kekayaan yang telah kita saksikan di bioskop Black telah menetapkan cetak biru untuk standar yang kita harapkan di tahun-tahun mendatang.
Seperti yang Diceritakan Oleh Kami adalah kumpulan film yang merayakan keserbagunaan narasi sinematik Hitam. Memulai debutnya pada hari Jumat tanggal 16 Oktober melalui festival film streaming langsung, fitur kolektif 24 proyek visual yang dibuat oleh lebih dari 20 pembuat film Black, baik baru maupun mapan. Bersama-sama, ini menghadirkan permadani film Hitam yang kaya. Film-film tersebut mencakup geografi, menghubungkan diaspora kulit hitam melalui visual yang belum pernah dilihat sebelumnya yang bertujuan untuk mendorong batas-batas sinema kulit hitam, dan menginspirasi revolusi budaya.
“Saya ingin menekankan bahwa ini adalah sejarah Inggris dan bukan hanya sejarah Black British,” kata Akinola Davies, direktur Hitam untuk Hidup yang akan diputar di festival. “Orang kulit hitam memiliki defisit budaya dan sejarah di seluruh institusi masyarakat di negara ini yang telah kita ikuti selama berabad-abad, bukan dekade. Di luar itu, menurut saya sebagai masyarakat kita membutuhkan hubungan yang lebih erat dengan rekonsiliasi. Tidak hanya merayakan kemenangan kita, tetapi juga mengakui beberapa kekejaman yang telah membentuk masyarakat kita. Dengan tidak memiliki keseimbangan dalam sejarah ini, pendidikan dapat menempati tempat ketidaktahuan dengan menempatkan penekanan pada kebenaran selektif. ”
Di tempat lain, Maame-Yaa Aforo, direktur Kontes Kertas Coklat, menyatakan niatnya sendiri: “Kontes Kertas Coklat adalah surat cinta untuk siapa saja yang pernah merasa tidak diinginkan tetapi terutama untuk saudara perempuan saya yang berkulit gelap. Ini adalah interpretasi komedi kelam dari ketidakamanan yang terbangun dalam diri saya ketika saya kuliah di Selatan. ”

Artis, Act of Love.png
Cuplikan dari ‘Artist, Act of Love’

Adoro melanjutkan: “Masalah pewarnaan adalah percakapan ‘sapu di bawah karpet’ dan tujuan saya dengan film ini adalah untuk menjelaskan perjuangan internal seorang wanita kulit hitam berkulit gelap yang ingin diterima. Harapan saya adalah hal itu membuat orang berpikir dan yang terpenting, tertawa. ”
Proyek kolaboratif yang dikurasi oleh Untuk Orang Afrika Oleh Orang Afrika, Melanin Tanpa Naskah, dan Afriquette, As Told By Us memiliki tujuan dan janji ambisius untuk menghadirkan potret unik Kegelapan dalam skala global. VICE berbincang dengan Amarachi Nwosu, salah satu pendiri Melanin Unscripted, untuk mengetahui lebih banyak tentang festival dan tempat revolusi budaya di tengah revolusi politik.
Hai Amarachi. Apa yang mendorong para kreatif Hitam yang terlibat dalam Festival Film ini untuk berkumpul dan membuat antologi ini?
Amarachi Nwosu: Dengan proyek ini, kami ingin menciptakan ruang bagi komunitas Kulit Hitam global untuk berkumpul dan merayakan keberadaan dan keberagaman kami melalui proyek visual yang telah kami kurasi. Peristiwa yang terjadi beberapa bulan terakhir ini telah mengungkapkan persepsi global komunitas Kulit Hitam.
Sungguh menyedihkan melihat bahwa dunia memperhatikan kehidupan dan pengalaman Black kebanyakan ketika itu melibatkan situasi yang tragis. Dalam panasnya situasi ini, hidup kita, umpan sosial kita terus-menerus dibombardir dengan konten yang tidak manusiawi yang membebani kita setiap hari dan terkadang, kita hanya ingin merasa baik. Ini penting karena melihat berbagai narasi pengalaman Kulit Hitam di seluruh dunia memperkuat gagasan bahwa kita dinamis dan kita bisa hidup di luar narasi tragis ini.

A Ti De_Oye Diran.jpg
Cuplikan dari ‘A Ti De’ oleh Diran

Bagaimana Festival Film berharap dapat menciptakan permadani Hitam internasional – dan bagaimana proyek-proyek yang berbeda berbicara dan saling melengkapi?
Kami berharap penonton kami meninggalkan tontonan ini dengan perasaan penegasan diri yang diperbarui, mengetahui bahwa mereka tidak sendirian dalam pengalaman mereka dan menyadari berbagai persimpangan identitas Kulit Hitam. Kami ingin mereka merasa dilihat dan menikmati kebanggaan yang menyertainya. Proyek-proyek ini saling melengkapi karena mereka mewakili kita yang menceritakan kisah kita di luar lensa yang diproyeksikan oleh media arus utama. Baik film tentang cinta, rasa sakit, pertumbuhan, atau usia dewasa, As Told By Us adalah gerakan yang mewakili keragaman narasi Hitam.
Dampak apa yang Anda inginkan Seperti yang Diceritakan Oleh Kami untuk industri film, industri kreatif yang lebih luas, dan masyarakat luas?
Kami ingin ada lebih banyak representasi dan lebih banyak platform yang dibuat untuk kami dan oleh kami yang didukung di panggung dunia. Narasi hitam layak mendapatkan pendanaan, visibilitas, dan dampak, dan As Told By Us hanyalah sekilas tentang apa yang bisa dilakukan ketika kita berkumpul. Kami juga ingin menunjukkan bahwa kreativitas adalah wadah utama untuk memberikan bantuan karena kami menyumbangkan 40 persen dari hasil ke organisasi yang mendukung komunitas Kulit Hitam, 20 persen akan disumbangkan ke Rise in Light untuk mendukung pendidikan pemuda Nigeria. Secara keseluruhan, tujuan kami adalah mengangkat kisah-kisah Kulit Hitam dan orang-orang Kulit Hitam di belakangnya.

Bangkit di Light_Amarachi Nwosu.jpg
Cuplikan dari ‘Rise in Light’ oleh Amarachi Nwosu

Menurut Anda, apa pentingnya beragam narasi kulit hitam dalam film, dan bagaimana Anda mendefinisikan keberagaman dalam film?
Keragaman dalam film adalah inklusivitas dari atas ke bawah. Kami membutuhkan lebih banyak produser eksekutif Kulit Hitam yang memiliki akses ke sumber daya yang dapat mereka sebarkan ke bakat Hitam. Kami membutuhkan sutradara dan seniman visual kulit hitam yang memvisualisasikan pengalaman orang kulit hitam dan non-kulit hitam. Kami membutuhkan platform streaming Hitam untuk dapat membagikan konten kami dan berinvestasi di dalamnya dengan mengetahui bahwa kami juga berinvestasi pada diri kami sendiri.

Bajulaye_Laura Alston.jpg
Cuplikan dari ‘Bajulaye’ oleh Laura Alston

Chika Okoli, pendiri For Africans By Africans, mengatakan bahwa ide festival ini adalah untuk menunjukkan bahwa “kita bisa hidup melampaui narasi tragis ini.” Dalam iklim politik pemberontakan saat ini di Nigeria dengan Gerakan #EndSARSBagaimana kegembiraan dan keindahan dalam perfilman Afrika sendiri dapat dilihat sebagai bentuk protes dan perlawanan?
Di Nigeria, ada begitu banyak orang berbakat yang bercerita di panggung dunia tetapi media arus utama senang meliput Nigeria saat kita dalam kesulitan. #EndSARS adalah orang muda yang memberi tahu masyarakat bahwa mereka lelah beroperasi pada frekuensi orang yang berkuasa yang tidak menciptakan masa depan yang lebih baik bagi kaum muda.
Di dunia di mana Blackness dianggap merendahkan atau kurang dari itu, menjadi kebanggaan Black dan mengetahui kekuatan Anda adalah bentuk perlawanan terhadap status quo. Saya percaya bahwa kegembiraan dan keindahan dalam sinema Afrika memungkinkan kita untuk melihat sisi lain dari pengalaman kita yang tidak hanya berpusat pada rasa sakit kita. Ia memiliki kemampuan untuk memungkinkan kita melihat dan menciptakan masa depan yang dapat kita banggakan baik di layar maupun di luar. Sebagai orang kulit hitam, begitu banyak sejarah masa lalu kita telah hilang, tetapi dengan film kita memiliki kesempatan untuk memastikan bahwa narasi tentang masa kini dan masa depan kita tidak pernah hilang dan kita menceritakannya dari lensa kita sendiri, yang diceritakan oleh kita.
Seperti yang Diceritakan Oleh Kami streaming online pada 16 dan 18 Oktober.



[ad_2]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »