Site icon Beritaenam.com

Survei Konsep Indonesia: Elektabilitas PDI-P Duduki Posisi Pertama

Pemaparan hasil survei yang dilakukan lembaga Konsepindo di Millennium Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

beritaenam.com, Jakarta – Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo Research and Consulting) merilis hasil survei elektabilitas partai dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Hasilnya, PDI Perjuangan menduduki posisi pertama dengan elektabilitas sebanyak 26 persen.

Dari hasil survei yang melibatkan 1.200 responden, sejumlah partai-partai lama masih menduduki peringkat atas dalam urutan tingkat elektabilitas Pileg 2019.

Empat parpol yang menduduki peringkat teratas, yakni PDI Perjuangan 26 persen, Partai Gerindra 12,8 persen, Partai Golkar 9,3 persen dan PKB 6,2 persen.

“Di survei kami, empat (parpol) teratas yang dipastikan lolos parliamentary threshold (ambang batas parlemen),” kata Direktur Eksekutif Konsepindo Veri Muhlis Afiruzzaman di Millennium Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

Di luar empat partai tersebut, ada Partai Demokrat dengan tingkat elektabilitas 3,9 persen, PAN 3,8 persen dan Partai Nasional Demokrat 3,2 persen. Menurut Veri, tiga partai itu masih berpeluang besar untuk lolos ke parlemen.

Sedangkan sisanya, PKS dengan elektabilitas 2,8 persen dan PPP 2,2 persen harus bekerja lebih keras untuk dapat lolos masuk ke parlemen.

Selain itu adapun partai-partai baru yang hingga kini elektabilitasnya masih berada di angka 1 persen bahkan belum mencapai satu persen seperti Partai Berkarya, Partai Hanura, PSI hingga PKPI.

Sedangkan, responden yang tidak menjawab atau tidak tahu dan belum memutuskan sebanyak 26,4 persen.

Survei itu dilakukan sejak 17 hingga 24 Februari 2019 di 34 provinsi di Indonesia. Adapun masyarakat yang berpartisipasi pada survei tersebut ialah sebanyak 1.200 responden.

Margin of error survei di atas kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Exit mobile version