Tahun Ini Canon Fokus Kembangkan Kamera Mirrorless

25
Ilustrasi salah satu kamera mirrorless, Canon Mirrorless EOS M100.(Datascrip)

beritaenam.com – Canon dikabarkan akan menghentikan perilisan lensa DSLR EF di 2019 dan lebih fokus untuk mengembangkan kamera mirrorless full frame dengan lensa RF terbaru.

Konon, langkah tersebut diambil karena Canon tidak ingin tertinggal oleh sang rival, Nikon, yang terlebih dahulu memperkenalkan lensa RF. Oleh karena itu, Canon digadang akan meluncurkan tujuh model lensa RF di tahun ini.

“Tahun 2019 kami akan fokus di lensa RF. Kami tidak akan meninggalkan lensa EF tetapi pada tahun ini kami berfokus sepenuhnya pada mirrorless,” kata Manajer Teknis Canon Mike Burnhill seperti yang dilansir Fstoppers.

Selain untuk menjaga persaingan dengan Nikon, Canon juga berambisi memperluas koleksi lensa kamera mirrorless yang kabarnya akan dilengkapi fitur holy trinity zoom berukuran 16-35mm, 24-70mm, dan 70-200mm dengan aperture f/2.8.

Nantinya, ketujuh lensa tersebut akan melengkapi kehadiran empat lensa RF yang telah diumumkan sebelumnya oleh Canon, seperti lensa 24-105mm f/4L, 28-70mm f/2L, 50mm f/1.2L, dan 35mm f/1.8 Makro.

Dari sisi bisnis, rencana Canon untuk fokus menggarap lensa kamera mirrorless boleh saja dibilang ciamik. Namun, bagi kalangan fotografer profesional yang terlanjur nyaman dengan kamera DSLR, mungkin saja strategi tersebut dianggap mengecewakan.