Ternyata Seks Bisa Berikan 5 Manfaat untuk Otak

123
Ilustrasi.

beritaenam.com – Anda tentu sudah sering mendengar bahwa seks memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya bahkan berkaitan dengan kesehatan otak.

Untuk mengetahui lebih lanjut, ini rangkuman ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Health.

Seks itu seperti narkoba

Hubungan seksual membuat semua orang merasa bahagia. Itulah sebabnya banyak orang yang menyukai dan meluangkan banyak waktu untuk mencari pasangan yang tepat.

Rasa nikmat yang Anda rasakan saat bercinta merupakan efek dari dopamine atau hormon yang berada di bagian tengah otak.

Dopamine juga merupakan zat kimia yang bertanggung jawab atas rasa candu yang dialami oleh para pengguna narkoba.

“Menggunakan kokain dan berhubungan seksual itu berbeda, tapi efeknya akan dirasakan pada bagian otak yang sama,” tutur Timothy Fong, MD, associate professor of psychiatry di UCLA’s David Geffen School of Medicine.

Seks menurunkan tingkat stres

Sebuah studi yang dilakukan oleh salah satu Universitas di Albany pada 2002, menemukan bahwa wanita yang bercinta tanpa mengenakan alat kontrasepsi, cenderung memiliki tingkat depresi atau stres yang lebih rendang dibanding mereka yang menggunakan kondom.

Para peneliti juga menemukan bahwa senyawa dalam air mani, seperti estrogen dan prostaglandin memiliki sifat antidepresan yang kemudian diserap ke dalam tubuh setelah berhubungan seks.

Senyawa inilah yang kemudian membuat suasana hati menjadi lebih bahagia. Penemuan tersebut menjadi sebuah kabar gembira, bagi para pasangan suami istri atau mereka yang sudah berkomitmen untuk menikah. Tidak perlu alat kontrasepsi untuk mendapatkan puncak kenikmatan di ranjang.

Seks menyembuhkan sakit kepala

Sedang sakit kepala? Bercintalah dengan pasangan Anda. Peneliti mengklaim bahwa berhubungan seksual saat tubuh sedang sakit kepala atau migrain, dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Bahkan, para peneliti Jerman di tahun 2013 lalu menemukan bahwa 60% partisipan dengan migrain dan 30% partisipan yang mengalami sakit kepala, benar-benar sembuh setelah bercinta dengan pasangannya.

Seks meningkatkan ingatan

Studi yang dilakukan pada 2010 lalu juga menyebutkan dapat meningkatkan ingatan manusia. Hal ini diketahui setelah dilakukan sebuah uji coba dengan menggunakan tikus laboratorium.

Tikus yang melakukan hubungan seksual setidaknya satu hari selama kurang lebih 14 tahun, memiliki lebih banyak neuron di hippocampus yakni, wilayah otak yang terkait dengan ingatan.

Mudah tidur

Kabar gembira untuk Anda yang memiliki masalah susah tidur dan insomnia. Para ahli mengklaim bahwa pria yang baru saja berhubungan seksual cenderung akan mengantuk, dibandingkan pasangan wanitanya.

Hal ini karena aktivitas pada salah satu bagian pada otak yang disebut prefrontal cortex cenderung berkurang setelah ejakulasi bersamaan dengan pelepasan oksitosin dan serotonin yang memicu rasa kantuk.