Tutup Rakornas, Mega: Saya Ingatkan Kader Pentingnya Mitigasi Bencana

43
Megawati Soekarno Putri.

beritaenam.com, Jakarta – Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan seluruh kader di daerah akan pentingnya mitigasi bencana. Mengingat, wilayah Indonesia berada di jalur Ring of Fire atau cincin api.

Mega menyampaikan itu saat menutup acara Rakornas PDIP di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019). Mega mengatakan telah berkoordinasi dengan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani terkait hal itu.

“Satu hal yang ingin saya ingin ingatkan. Untuk daerah, mulai sekarang, karena kami sudah mulai merencanakan hal itu. Saya juga sudah berbicara dengan Menko PMK Karena wilayah kita ini adalah wilayah yang mau tidak mau, suka tidak suka, disebut Ring of Fire atau berada di dalam cincin api yang semuanya mesti bergerak,” tutur Mega.

Presiden RI ke-5 itu ingin kadernya siap dalam menangani dan menghadapi bencana alam.

“Tentu nanti ada ketentuannya bagaimana cara-cara untuk menyelamatkan warga yang daerahnya mengalami bencana bukan setelah bencana terjadi tapi ketika early warning systemnya itu sudah diberitakan, tentu ada tahapan 1,2,3,” katanya.

Mega mengaku juga telah menitipkan pada kadernya yang menjadi kepala daerah untuk memahami seluk-beluk wilayahnya. Terutama wilayah-wilayah rawan bencana.

“Kepada gubernur-gubernur yang hadir atau yang nanti belum hadir, saya sudah menitipkan harus lakukan kerja sama dengan biologi atau BMKG untuk mengetahui wilayah-wilayah yang memang telah dicirikan mungkin mengalami sebuah gerakan,” ujar Mega.

Mega mencontohkan wilayah Jawa Tengah seperti sesar di Semarang. Mega meminta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mengkaji.

“Seperti Pak Ganjar itu ada sesar Semarang, ada Kendeng dan sebagainya. Monggo nanti diamati dengan baik dilihat titik-titik merahnya yang berbahaya dan harus bagaimana upaya untuk mengurangi korban yang ada,” pungkasnya.