Awal Ramadan Serentak, Menag: Jadi Momentum untuk Jaga Persatuan Umat

oleh
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) pimpin langsung Sidang Isbat Ramadhan.

beritaenam.com, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan 1 Ramadan 1440 jatuh pada Senin (6/5/2019). Selain pemerintah, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga telah lebih dulu menetapkan awal Ramadan tahun ini jatuh pada hari yang sama.

Menteri Agama Lukman Hakim mengatakan, dimulainya Ramadan 1440 secara serentak di Indonesia harus dapat dijadikan sebagai momentum untuk menjaga persatuan umat. Dia pun meminta kepada segenap masyarakat senantiasa memelihara persaudaraan sesama anak bangsa.

“Mudah-mudahan ini adalah cerminan dari kebersamaan kita secara keseluruhan. Menghormati satu sama lain. Membuat kita terus berkemampuan dan memelihara persaudaran kita sesama anak bangsa,” kata Lukman di Gedung Kementrian Agama, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Dia menuturkan, ibadah puasa di Bulan Suci ini diharapkan bisa menginspirasi dalam menebarkan kedamaian. Lukman meminta masyarakat tetap menjaga suasana tetap kondusif dalam Bulan Ramadan.

“Agar kita senantiasa mampu menebarkan kedamaian, di mana pun, kapan pun, dan kepada siapa pun. Juga membangun kerukunan di tengah keberagaman kita, di tengah kemajemukan kita,” ucap Lukman, seperti dikutip dari inews.id

Sidang isbat yang digelar Kemenag menetapkan 1 Ramadhan 1440 jatuh pada Senin (6/5/2019). Hasil sidang tersebut didapatkan dari data hisab dan pantauan Rukyatul hilal yang telah dibentuk Tim Kemenag di seluruh Indonesia. Pantauan Rukyatul Hilal ini dilakukan pada 102 titik di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *