Bandara Sibisa Mulai Layani Penerbangan Perintis

30
Bandara Sibisa. (Kemenpar)

beritaenam.com, Jakarta – Mulai 12 April 2019, Bandara Sibisa resmi melayani penerbangan perintis dengan rute Binaka-Sibisa-Binaka.

Bandar udara yang terletak di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara ini memiliki ukuran landasan pacu 1.200 x 30 meter.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo mengatakan dengan beroperasinya Bandara Sibisa ini, semakin memperbanyak alternatif menuju Danau Toba.

“Karena terletak di Kabupaten Toba Samosir. Jarak ke Kota Wisata Parapat sekitar 12 Km atau sekitar 20 menit perjalanan mobil,” kata Arie Prasetyo, baru-baru ini.

Untuk memudahkan, Bandara yang berjarak 10 kilometer dari Kota Parapat, Danau Toba ini sudah dilengkapi dengan terminal penumpang dibawah pengelolaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara.

Selain itu posisi Bandara Sibisa cukup strategis, dan juga bersebelahan dengan lokasi Lahan Zona Otorita Sibisa, kawasan Resort Pariwisata sekelas Nusadua Bali yang akan dikembangkan oleh BPODT.

Lebih lanjut Arie menjelaskan saat ini, Bandara Sibisa beroperasi sebagai bandara perintis. Namun ke depannya, dapat dikembangkan menjadi Bandara kelas menengah untuk penerbangan short dan medium haul.

Misalnya penerbangan pesawat kecil dan menengah ke Medan, Banda Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, serta daerah lain di Sumatera Utara.

“Juga sangat berpotensi menjadi hub/pusat kegiatan olahraga dirgantara, serta penerbangan khusus atau charter flight,” tambah Arie.