Fahri Tuding KPK Ancam KPU, Saut: Alamak, Ngeri Kali, Padahal…

196
Saut Situmorang.

Beritaenam.com, Jakarta – Pimpinan KPK Saut Situmorang merespons tudingan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang menyebut KPK mengancam KPU. Saut menegaskan tugas KPK bukan mengancam.

“Alamak, ngeri kali. Padahal, sebenarnya KPK itu digaji bukan untuk ancam ngancam lho, digaji untuk mencegah semua potensi corrupt dan menindak yang bisa kita buktikan corrupt lho,” kata Saut, Senin (3/9/2018) malam.

Saut sendiri tidak menganggap serius tudingan yang disampaikan Fahri. Dia justru mengimbau Fahri supaya memberikan pendidikan politik yang baik.

“Nggak apa-apa, biasa itu. Makanya disebut parle (bicara), jadi harus bicara. Namun, nanti publik juga bisa paham atas pendidikan politik yang ditelurkan, menetasnya seperti apa,” terang Saut.

Fahri sebelumnya menuding KPU mendapatkan tekanan dan ancaman dari KPK. Menurut Fahri, sejak awal KPU telah salah kaprah dengan menetapkan PKPU yang melarang eks narapidana korupsi menjadi caleg.

“Gimana caranya kita ngomong sama orang itu ya, tidak ada namanya caleg koruptor itu nggak ada. Jadi kita harus menertibkan kosakata kita dulu. Caleg koruptor itu nggak ada, koruptor itu narapidana. Kalau sudah selesai jadi napi, predikatnya sudah nggak ada lagi,” terang Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/9).