Jangan Pernah Anggap Membangun Usaha itu Sulit

52

Beritaenam.com – Jumat malam, di Puri Ayuda Resort, Bogor, saya diundang sebagai narasumber dalam acara pembekalan dan magang kewirausahaan.

Pesertanya para mahasiswa politeknik negeri Jakarta. Saya menyampaikan apa yang saya lakukan selama ini, berikut catatan kecil dari saya. Mudah-mudahan menginspirasi buat sahabat dunia maya, yang baru mau mencoba membangun usaha.

————————-

Semua orang punya jalan hidupnya. Kisah sukses seseorang, banyak dipengaruhi sejarah masa lalunya. Menelisik perjalanan bisnis saya, tidak terlepas dari sejarah masa lalu nan kelam. Tempaan hidup yang terpuruk di masa lalu; dari kampung, yatim piatu sejak kecil, sempat kerja jadi kuli bangunan, hingga menggelandang di tengah kerasnya jakarta *(Baca buku: Gembala Kerbau Taklukkan Harimau)*, minimal membawa saya pada sikap-sikap kerja keras, pantang menyerah, dan selalu mencoba setiap kali gagal.

Saya memulai usaha, sebenarnya tidak pernah direncanakan. Mengalir apa adanya. Waktu itu, saya masih kerja jadi orang gajian. Saya kepikiran gimana caranya saya mendapatkan penghasilan lain di luar gaji. Maka yang saya lakukan adalah memanfaatkan waktu luang untuk bisnis kecil kecilan.

Saya bikin event, cari talent, ditawarkan ke tempat rekreasi, atau langsung berhubungan dg penyelenggaranya, alias EO. Sejarah ini kelak yang menjadi cikal bakal saya mengelola bisnis di bidang musik & entertainment.

Lalu, suatu hari, saya punya saudara yg memiliki keahlian pijat, bekam, dan kemampuan meracik tanaman obat. Dia datang dari kampung. Lalu saya kepikiran buat balai pengobatan khusus pijat dan bekam. Saya ajarin gimana pelayanan yang baik, lalu saya sediakan tempat dengan settingan yang bagus, nyaman dan representative. Saya kursuskan, supaya metodologi penanganannya terstandar.

Awalnya dari mulut ke mulut. Ternyata responnya bagus. Dan inilah yang menjadi cikal bakal usaha saya di bidang jasa pelayanan kesehatan, lalu berkembang menjadi usaha bidang distributor produk kesehatan, lalu berkembang ke telemarketing.

Apa yang bisa saya tularkan dari pengalaman di atas, saya hanya pingin berbagi pengalaman. Dalam setiap kesempatan saya ngasih kuliah umum, atau menjadi pembicara, saya selalu sampaikan kepada para pemula, atau yang mau terjun di bidang usaha, bahwa menjadi wirausaha tidak sulit. Tapi mudah.

Jangan belum memulai sudah kepikiran hal-hal rumit. Kenapa mudah, lah memang iya. Saya berangkat dari bukan siapa-siapa, bukan dari keluarga mampu, hidup dalam keterbatasan, tapi saya bisa membangun usaha multi produk. Memang masih dalam proses, dan bertumbuh.

Mimpi saya, adalah bisa menularkan virus-virus kewirausahaan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan terdekat, dan masyarakat. Menurut saya, ilmu bisnis tidak harus digenggam dengan dalih strategi dan alasan sebagai rahasia dapur.

Ilmu bisnis, perlu ditularkan, sehingga memperlebat setiap orang untuk.menjadi pribadi yang mandiri, berdikari dalam ekonomi, bermartabat tanpa ketergantungan, serta memberi peluang terciptanya lapangan pekerjaan.

Terakhir saya pingin sampaikan, bahwa sukses tidak datang tiba tiba. Sukses adalah sebuah ikhtiar kerja keras dan dedikasi. Kerja keras, nggak akan mengkhianati hasil.

Artikel ini telah dimuat di akun facebook https://www.facebook.com/agi.sugiyanto