Program Kartu Sakti Jokowi Disambut Antusias Warga Cirebon

43
Calon presiden petahana Joko Widodo saat kampanye terbuka di Cirebon, Jawa Barat.

beritaenam.com, Cirebon – Program kartu sakti calon presiden petahana Joko Widodo disambut antusias masyarakat. Salah satunya oleh warga Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Siapa yang setuju kartu sembako murah? Tunjuk jari,” kata Jokowi saat kampanye akbar di Tempat Pelelangan Ikan Gebang Mekar, Cirebon, Jumat, 5 April 2019.

Ribuan warga pun menyambut pertanyaan Jokowi itu. Mereka ingin dimudahkan dalam membeli sembako yang tak menguras kantong. Sebab masyarakat yang memegang kartu itu, nantinya bisa membeli bahan pokok dengan diskon khusus.

Selanjutnya, Jokowi memperkenalkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Dengan ini, ia menjamin masyarakat Indonesia bisa menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi. Bahkan hingga keluar negeri.

“Jadi lulusan SMA, SMK bisa kuliah di universitas baik di dalam negeri maupun luar negeri dengan beasiswa dari pemerintah,” ujar Jokowi.

Terakhir, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga memperkenalkan Kartu Pra Kerja. Sasarannya yakni mereka yang baru lulus dari SMA, SMK, perguruan tinggi, maupun yang terkena Putus Hubungan Kerja (PHK).

Kementerian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta akan memberikan pelatihan pada mereka.

Jokowi menyebut hal ini merupakan implementasi awal dari fokus pemerintah di bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Saat mengenalkan kartu itu, Jokowi sempat memanggil salah seorang warga bernama Dimas. Saat ini, Dimas dalam proses lulus dari SMK dan bingung mau bekerja di mana.

Ke depan, Jokowi menjamin tak ada lagi kebingungan seperti yang diutarakan Dimas. Ada pun siswa SMK itu mengapresiasi program kartu petahana.

“Setuju dengan kartu pra kerja ini, Insya Allah saya akan mendapat kerja lebih baik dan lebih mudah,” ujar Dimas disambut tepuk riuh ribuan warga yang hadir.