https://bentrap.com/

Soal Ibu Kota Dipindah ke Luar Pulau Jawa, Begini Tanggapan Ahok

  • Bagikan
Ahok.

beritaenam.com, Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok menanggapi soal wacana pemindahan Ibu Kota ke luar pulau Jawa. Dia menyambut baik wacana pemerintah pusat tersebut.

Ahok mengatakan, pemindahan Ibu Kota merupakan langkah yang bagus. Apalagi, pemindahan Ibu Kota sebuah negara juga dilakuan negara-negara lain di dunia.

“Bagus (pemindah ibu kota negara), juga itu kayak negara lain,” kata Ahok saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Selasa (30/4/2019).

Lantaran hal itu baru sekadar wacana, Ahok tak mau berkomentar lebih jauh. Dia menyarankan agar menanyakan lebih jauh kepada pemilik kewenangan yakni pemerintah pusat.

“Tanya beliau (Presiden Joko Widodo) deh,” ujarnya.

Adapun, wacana memindahkan Ibu Kota negara ini bukan baru muncul saat ini. Pada era kepemimpinan Soekarno usai kemerdekan, wacana ini sudah dihembuskan pemerintah kala itu namun gagal direalisasikan.

Wacana ini kembali dikemukakan pada masa kepemimpinan Joko Widodo saat ini. Sebelumnya, pemerintah memilih memindahkan Ibu Kota pemerintahan keluar Pulau Jawa dengan sejumlah pertimbangan.

“Dalam rapat terbatas tadi diputuskan, Presiden memindahkan ibu kota ke luar Jawa,” kata Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro usai rapat terbatas bertopik Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 29 April 2019.

Menurut Bambang, tindak lanjut terkait teknis, rancangan kota dan “masterplan” pembangunan ibu kota baru pemerintahan akan dibahas dalam pertemuan lanjutan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »